Saturday, October 28, 2017

Cara Simpel Membuat Minyak Cabe Untuk Masakan Rumahan

Minyak cabe adalah sebuah bentuk penyedap alami masakan yang banyak digunakan oleh menu makanan dari Cina seperti campuran mie kuah, atau bahkan sebagai sambal untuk sebuah masakan yang menggunakan bahan dasar mie. Tidak sulit membuatnya hanya perlu sedikit kreatifitas bagi ibu rumah tangga yang mencoba menambahkan minyak cabe untuk olahan masakan khas nusantara. Berikut cara membuatnya dan ilustrasi vidio dari Cooking A Dream:




Bahan dasar: Bon cabe kering yang telah dipersiapkan.
Bumbu tambahan: Bawang putih, Garam, Biji Wijen, Bunga Lawang, dan Minyak Goreng.


Cara membuat:

Bawang putih sekitar 3 siung anda haluskan dengan iris dan potong-potong dan sisihkan. Campurkan bon cabe kering dengan garam dan potongan bawang putih dan biji wijen. Sisihkan.

Panaskan minyak yang telah dimasukan beberapa penyedap rasa alami seperti: bunga lawang, kayu manis, daun salam. Goreng sebentar sehingga wangi. Setelah beberapa saat sekitar 1 menit angkat tiriskan, hanya diambil minyaknya saja.

Minyak panas ini kemudian dimasukan kedalam campuran bon cabe kering, biji wijen, dan bawang putih. Tuangkan minyak panas tadi kedalam wadah tersebut, kemudian aduk perlahan agar seluruh bahan tercampur rata.

Penyimpanan.

Setelah semua bahan yang dimasak telah selesai sempurna kemudian disimpan di wadah botol kaca bekas penyimpanan madu yang mempunyai tutup rapat agar minyak bon cabe ini bisa tahan lama.  Setelah dingin sempurna bisa langsung anda simpan. Sebaiknya disimpan ditempat yang kering dan siap digunakan pada saat menyiapkan masakan. Buat secukupnya agar bisa mendapatkan minyak cabe ini untuk membuat aneka masakan lebih pedas.

No comments:

Post a Comment