Saturday, October 28, 2017

Cara Membuat Bon Cabe Kering Rumahan

Kami mau sharing informasi bagaimana membuat bon cabe kering untuk kebutuhan rumahan. Setiap ibu rumah tangga bisa membuatnya untuk kebutuhan sehari-hari sebagai penyedap rasa dan mempercantik bentuk masakan. Kegunaan dari bon cabe kering ini banyak digunakan untuk seluruh jenis menu masakan seperti soto daging, taburan untuk tumisan, atau sebagai penyedap rasa pembuatan kerupuk goreng pedas. Beginilah cara membuatnya.


Bahan Jemur: Siapkan tempat jemur dari bambu berbentuk lingkaran.
Bahan untuk cabe kering: Siapkan cabe merah basah berkualitas tinggi yang telah dibuang tangkainya, cuci bersih, dan tiriskan. 

Proses penjemuran.

Sebaiknya proses penjemuran dilakukan pada musim panas dengan tingkat terik matahari cukup tinggi agar proses penjemuran bisa cepat terlaksana, jika anda mempunyai alat pengering untuk cabe silahkan untuk dilakukan, tetapi bagi ibu raumah tangga yang tidak memiliki biaya besar untuk membeli alat ini bisa menjemur cabe merah basah tadi diatas tempat yang terbuat dari bambu. Sebaiknya, proses penjemuran ini dilakukan diatas atap rumah atau lahan terbuka yang bisa memberikan tingkat pengeringan yang cukup tinggi. Lama pengeringan +/- 3-5 hari tergantung itensitas terik matahari.

Proses pembuatan bon cabe kering.

Setelah cabe merah ini kering sempurna anda persiapkan blender. Masukan jumlah cabe kering yang siap di blender ke dalam wadah. Usahakan hasil blendernya tidak terlalu halus, lebih baik kasar agar supaya terlihat potongan cabe pada masakan. Sebenarnya ini selera, anda bisa lebih halus atau agak kasar.

Hasil bon cabe kering yang telah di blender. Anda bisa sesuaikan selera untuk teksturnya apakah kasar atau lebih halus lagi.

Proses penyimpanan.

Setelah bon cabe kering ini selesai di blender di masukan ke dalam wadah yang kedap udara seperti bekas botol kaca selai kacang, atau botol kaca bekas madu. Karena tutup botol kaca ini cukup rapat dan bisa menyimpan bon cabe kering ini lebih tahan lama. Simpan di tempat yang kering di dapur agar bisa digunakan pada saat proses memasaka menu kesukaan keluarga.

Penggunaannya.

Bon cabe kering ini bisa anda gunakan sebagai penguat rasa pedas untuk masakan seperti tumisan dan tambahan untuk kerupuk pedas. Gunakan secukupnya dan sesuai selera.

No comments:

Post a Comment